Bidang pemasaran alias marketing memiliki peranan yang penting bagi industri di sektor konsumen dan retail. Maka dari itu, pekerja di bidang pemasaran di sektor ini memiliki gaji yang cukup tinggi di Indonesia. Hal ini senada dengan temuan dalam laporan Indonesia Salary Guide 2023 yang dirilis perusahaan rekrutmen karyawan internasional, Michael Page.
Menurut laporan tersebut, direktur pemasaran di Indonesia bisa mendapat gaji kotor Rp150 juta per bulan. Besaran gaji tersebut merupakan yang tertinggi di divisi pemasaran.
Selanjutnya, pekerja di divisi pemasaran dengan kepala pemasaran memiliki gaji sekitar Rp110 juta per bulan. Posisinya disusul oleh kepala pemasaran digital dan direktur merek dengan gaji masing-masing sekitar Rp90 juta per bulan.
Kemudian, manajer pemasaran tercatat memiliki gaji sekitar Rp80 juta per bulan. Lalu, manajer riset konsumen dan wawasan pasar dengan gaji Rp65 juta per bulan.
(Baca juga: Minat Bekerja Marketing Digital? Ini Keterampilan yang Dicari Perusahaan)
Berikut estimasi gaji bulanan pekerja marketing di sektor konsumen dan retail Indonesia pada 2023 berdasarkan jenis jabatannya:
- Marketing Director: Rp150 juta
- Head of Marketing: Rp110 juta
- Head of Digital Marketing: Rp90 juta
- Brand Director: Rp90 juta
- Marketing Manager: Rp80 juta
- Consumer Research and Market Insight Manager: Rp65 juta
- Innovation Manager: Rp50 juta
- Senior Brand Manager: Rp40 juta
- Digital Marketing Manager: Rp38 juta
- Marketing Communication Manager: Rp38 juta
- Customer Relationship Management (CRM) Manager: Rp35 juta
- Brand Manager: Rp30 juta
- Research Manager: Rp30 juta
- Social Media Manager: Rp25 juta
- Marketing Coordinator: Rp24 juta
- Assistant Brand Manager: Rp18 juta
Adapun Michael Page membuat kisaran gaji tersebut berdasarkan data dari jaringan mereka di Indonesia, termasuk dari iklan lowongan kerja di bidang pemasaran di sektor konsumen dan retail sepanjang 2022, digabungkan dengan proyeksi gaji 2023.
Menurut Michael Page, besarnya gaji marketing di sektor konsumen dan retail juga dipengaruhi oleh lonjakan permintaan di e-commerce.
“Perusahaan sedang membenahi rute mereka ke pasar dan strategi distribusi untuk meningkatkan penjualan,” ujar Michael Page dalam laporannya.
“Munculnya ritel online telah menyebabkan permintaan tinggi untuk pemasaran digital dan peran e-commerce,” lanjutnya.
Laporan Michael Page juga mencatat, perusahaan konsumen dan retail yang paling aktif merekrut karyawan di Indonesia adalah di industri FMCG, retail fesyen, dan kecantikan.
Adapun keahlian yang paling banyak dicari di bidang marketing pada sektor konsumen dan retail adalah keuangan komersial, e-commerce pemasaran digital, dan manajemen merek.
(Baca: Gaji 10 Posisi Terpopuler Level Pemula di E-Commerce Indonesia)