Minat Bekerja Marketing Digital? Ini Keterampilan yang Dicari Perusahaan

Demografi
1
Erlina F. Santika 13/03/2023 10:57 WIB
Proporsi Peningkatan Konsumsi Keterampilan Bidang Marketing (2020-2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lembaga pelatihan keterampilan tenaga kerja, Udemy Business menghimpun konsumsi atau penggunaan keterampilan di bidang pemasaran (marketing), termasuk pemasaran digital. Angka konsumsi ini bisa dijadikan parameter keterampilan yang dibutuhkan perusahan.

Udemy Business menyebut, ada 10 keterampilan marketing teratas yang melonjak pada 2022. Pertama, ada strategi marketing sebesar 103%. Persentase diurutkan berdasarkan tingkat kenaikan konsumsi di bidang marketing.

Kedua, ada blogging atau menulis blog dengan persentase 92%. Ketiga, ada keahlian meneliti pencarian kata kunci di internet (keyword research) sebesar 75%.

Keempat, keahlian mengelola bisnis eceran atau bisnis retail, sebesar 57%. Kelima dan keenam, analisis marketing dan personal branding dengan proporsi yang sama, 54%. Sisanya terlihat pada grafik.

Udemy Business menyebut, riset ini diperlukan untuk memikirkan kembali dasar-dasar keterampilan marketing. Orang-orang yang belajar di lembaga tersebut sangat fokus pada metode dan saluran digital untuk menyampaikan dan mengukur keefektifan strategi tersebut.

"Ini sangat masuk akal, mengingat 90% pemasar mengatakan bahwa strategi mereka agak berubah sepenuhnya menjadi digital, sejak sebelum pandemi," tulis Udemy Business dalam laporannya.

Laporan ini menganalisis data dari ribuan pelanggan Udemy Business di seluruh dunia. Mereka menghitung total konsumsi pengguna Udemy Business di semua topik kursus dari 1 Juli 2021-1 Juli 2022.

Udemy Business juga menghitung dan membandingkan persentase pertumbuhan konsumsi dari 1 Juli 2020-1 Juli 2021.

(Baca juga: Facebook Sering Dijadikan Wahana Latihan Keterampilan Digital)

Data Populer
Lihat Semua