Media Sosial Jadi Alat Utama Penggalangan Dana Filantropi

1
Monavia Ayu Rizaty 01/06/2022 14:00 WIB
Media yang Digunakan untuk Penggalangan Dana Filantropi (2018-2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan survei Outlook Filantropi 2022, mayoritas atau 57,7% organisasi filantropi di Indonesia melakukan kegiatan penggalangan dana atau fund raising melalui media sosial.

Ada juga 53,8% yang menggunakan platform Kitabisa.com dan sebagian kecil lainnya menggunakan beragam platform, seperti Omprakash, aplikasi Gopay, Tokopedia, OVO, Benefity, dan sebagainya.

>

Survei ini mencatat bahwa jumlah penyaluran dana filantropi di Indonesia pada 2020 tumbuh 23,05% (yoy) dibanding tahun sebelumnya ketika pandemi belum melanda.

Alokasi dana filantropi perusahaan juga tercatat tumbuh 41,49% (yoy) pada 2020, dan penerima manfaat kegiatan filantropi tumbuh 42,15% (yoy) dibandingkan sebelum pandemi.

Survei Outlook Filantropi 2022 dilaksanakan pada 31 Januari hingga 3 Maret 2022. Survei dilakukan dengan metode telesurvei kepada 1.023 organisasi filantropi di Indonesia dengan partisipan yang berhasil diraih sebanyal 224 organisasi.

(Baca Juga: Riset Setara Institute: Depok Kota Paling Intoleran pada 2021)

Editor : Adi Ahdiat
Data Stories Terkini
Databoks Premium

Data Populer

Lihat Semua