Harga Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga di Kota Pematang Siantar Bulan Agustus Turun 0,04%

1
Agus Dwi Darmawan 27/09/2024 09:58 WIB
Image Loader
Memuat...
Inflasi (m-to-m) Agustus 2024 Menurut Pengeluaran Total Subkelompok di Kota Pematang Siantar
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Harga-harga komponen penyumbang inflasi perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga di Kota Pematang Siantar pada Agustus lalu turun 0,04%. Angka ini lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat 0,06%. Di antara lima kelompok inflasi yang diukur di daerah ini, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga menyumbang -0,04% inflasi daerah ini.

(Baca: 6,53% Penduduk di Kabupaten Minahasa Masuk Kategori Miskin)

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan indeks harga konsumen (IHK) perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga di Kota Pematang Siantar berada di level 103,93 pada Agustus 2024, lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 103,97.

Bila dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, inflasi perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga telah turun 9,57% (year on year/yoy). Sementara jika dibandingkan dengan posisi awal tahun, harga-harga komponen penyumbang inflasi di Kota Pematang Siantar telah mengalami pertumbuhan 0,48% (year to date/ytd).

Dibandingkan dengan 11 kelompok lainnya, inflasi kelompok ini berada di urutan kelima.

(Baca: Harga Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga di Waingapu Bulan Agustus Naik 0,41%)

Berikut ini inflasi subkelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga yang di ukur BPS per Agustus di Kota Pematang Siantar :

  • Kelompok barang dan layanan untuk pemeliharaan rumah tangga rutin -0,06%
  • Kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga -0,04%

Dibandingkan dengan 136 kabupaten/kota lain, inflasi perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga tertinggi terjadi di Kota Sorong sebesar 2,51% dengan IHK sebesar 104.51 dan terendah terjadi di Kota Denpasar sebesar 0,23% dengan IHK sebesar 104.33. Sementara untuk Kota Pematang Siantar ini menempati urutan 87.

Inflasi (umum) bulan Juni 2024 di tingkat nasional sebesar 0,12% turun dari bulan sebelumnya (month to month/m-to-m). Jika dibandingkan dengan posisi awal tahun, inflasi umum nasional telah mencapai 1,04% (ytd) dan jika dibandingkan dengan posisi Juni 2019, telah terjadi inflasi turun 23,07% (yoy).

Data Populer

Lihat Semua