Peta Pasar Produk Apple, Asia-Pasifik Hanya Sumbang 8%

Teknologi & Telekomunikasi
1
Adi Ahdiat 17/04/2024 16:47 WIB
Pangsa Pasar Produk Apple Berdasarkan Kawasan/Negara (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Perusahaan teknologi Apple membukukan penjualan produk (net sales) senilai US$383,28 miliar pada tahun fiskal 2023.

Nilai itu berasal dari penjualan berbagai seri ponsel iPhone (52%), laptop Mac (8%), tablet iPad (7%), aksesoris seperti Apple Watch, AirPods, Apple TV, dan sebagainya (10%), serta layanan reparasi, periklanan, dan servis lainnya (22%).

Jika dirinci wilayah penjualannya, pasar terbesar Apple berada di Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Kawasan tersebut menyumbang US$162,6 miliar atau sekitar 42% dari total penjualan produk Apple tahun fiskal 2023.

Pasar terbesar berikutnya adalah kawasan Eropa, India, Timur Tengah, dan Afrika dengan kontribusi 25% (US$94,3 miliar).

Kemudian kawasan China, Hong Kong, dan Taiwan berkontribusi 19% (US$72,6 miliar), dan Jepang menyumbang 6% (US$24,3 miliar).

Sementara kawasan Asia-Pasifik lainnya (mencakup Australia dan negara-negara Asia lain yang tidak disebutkan) secara kumulatif hanya berkontribusi 8% (US$29,6 miliar).

(Baca: Laba Apple Turun 2023, tapi Masih Tembus Rp1.500 Triliun)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua