Ini Jenis Konten yang Paling Diminati Warga Muslim Selama Ramadan, Ada Favoritmu?

Media
1
Cindy Mutia Annur 28/03/2024 19:50 WIB
Jenis Konten yang Paling Banyak Diakses Warga Muslim Selama Ramadan (Februari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Terdapat beragam konten yang diminati dan sering diakses oleh warga muslim di Indonesia selama Ramadan. Mulai berita terkini seputar kegiatan keagamaan, program kuliner atau resep sahur dan berbuka, hingga program hiburan.

Hal ini terangkum dalam hasil survei terbaru Populix bertajuk Ramadan 2024: Connectivity, Media Consumption, and Delivery Dynamic.

Hasilnya, mayoritas atau 56% responden paling banyak mengakses konten berupa informasi terkait puasa seperti jadwal keagamaan selama Ramadan, seperti jadwal puasa, imsak, dan waktu salat.

Selanjutnya, sebanyak 52% responden memilih untuk mengakses konten hiburan seperti film, acara TV, dan musik. Kemudian, 51% responden mengatakan mengakses konten resep makanan dan minuman selama bulan Ramadan.

Lalu, sebanyak 50% responden yang mengakses konten berupa program kuliner atau resep sahur dan buka puasa. Ada pula 43% responden yang mengakses konten tentang tempat rekomendasi nongkrong selama Ramadan.

Sebanyak 41% responden mengaku mengakses konten berupa program khusus tentang tradisi Ramadan, diikuti berita terkini seputar Ramadan/kegiatan keagamaan (40%), konten inspiratif/terkait kebaikan (39%), bacaan doa (39%), serta busana muslim, termasuk tutorial hijab (37%).

Menurut Populix, umat slam di Indonesia menggunakan platform digital untuk meningkatkan pengalaman Ramadan mereka dengan materi yang relevan dan menarik, serta menciptakan keseimbangan antara inspirasi spiritual, hiburan, dan inspirasi kuliner.

Survei ini dilakukan secara online pada 22-25 Februari 2024 yang melibatkan 1.029 responden muslim. Mayoritas responden berada di Pulau Jawa (82%), diikuti Pulau Sumatera (12%), dan pulau-pulau lainnya (6%).

Responden didominasi oleh kelompok muda yaitu berusia 17-25 tahun (40%), dan usia 26-30 tahun (22%) dengan status perkawinan lajang (51%) dan menikah dengan anak (40%). Berdasarkan pekerjaannnya, responden paling banyak berasal dari kalangan pekerja (59%), diikuti oleh pelajar (14%) dan pengusaha (14%).

(Baca: Ini Ragam Media yang Kerap Digunakan Warga RI saat Ramadan)

Data Populer
Lihat Semua