Survei: Pengeluaran Belanja Makanan dan Sedekah Meningkat Selama Ramadan

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 21/03/2024 18:41 WIB
Persepsi Publik Soal Pengeluaran Selama Ramadan Tahun Ini Dibanding Bulan Lain (Februari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut hasil survei TGM Research, pengeluaran belanja makanan dan sedekah masyarakat muslim Indonesia pada Ramadan akan meningkat dibanding bulan lain.

Tercatat, sebanyak 46% responden berencana menghabiskan pengeluaran lebih banyak untuk belanja makanan dan minuman pada Ramadan tahun ini dibanding bulan biasanya. Di sisi lain, ada 42% responden yang mengatakan pengeluaran tersebut sama saja, diikuti 12% responden mengatakan pengeluaran lebih sedikit.

Selanjutnya, ada 49% responden yang berencana menghabiskan pengeluaran lebih banyak untuk amal/sedekah pada Ramadan kali ini, lalu 44% responden mengaku sama saja, dan 6% responden lebih sedikit.

Sementara, survei itu menunjukkan bahwa mayoritas atau 50% responden mengaku pengeluaran trasportasi untuk mengunjungi teman dan keluarga tak berubah pada Ramadan kali ini dibanding bulan lainnya. Namun, responden yang mengaku pengeluaran tersebut lebih banyak dan lebih sedikit memiliki proporsi seimbang, yaitu masing-masing 25%.

TGM Research melakukan survei online terhadap 750 responden muslim di Indonesia berusia 18 sampai 40 tahun ke atas. Survei dilakukan pada 1-22 Februari 2024 menggunakan metode wawancara internet computer-assisted web interviewing (CAWI).

(Baca: Ini Produk yang Diminati Konsumen Belanja Online saat Ramadan)

Data Populer
Lihat Semua