Apa Pertimbangan Warga Memilih Tempat Buka Puasa Bersama? Ini Surveinya

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Cindy Mutia Annur 18/03/2024 19:10 WIB
Ragam Faktor Pertimbangan Warga Muslim Indonesia Memilih Tempat Berbuka Puasa Bersama (Januari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut hasil survei terbaru Populix, mayoritas atau 72% warga muslim Indonesia memilih tempat berbuka puasa bersama dengan mempertimbangkan menu dan rasa makanan atau minuman di lokasi tersebut.

Selanjutnya, sebanyak 61% responden mengatakan bahwa mereka mempertimbangkan faktor harga di tempat berbuka puasa bersama. Kemudian, sebanyak 44% responden mempertimbangkan lokasi berbuka puasa yang dekat dengan rumah mereka.

Ada pula sebanyak 41% responden yang mempertimbangkan tempat berbuka puasa bersama lantaran memiliki promosi Ramadan yang ditawarkan oleh restoran atau tempat makan.

Lalu, sebanyak 33% responden juga mempertimbangkan lokasi berbuka puasa bersama yang tak berada di kawasan sibuk, diikuti sebanyak 17% responden yang ingin lokasi dekat dengan kantor.

Di sisi lain, ada 16% responden  memilih tempat berbuka puasa bersama karena ada restoran baru atau tempat makan yang tengah viral.

Survei Populix juga menunjukkan, mayoritas atau 54% responden ingin berbuka puasa bersama keluarga inti, diikuti teman dekat (53%), keluarga besar (52%), teman lama (47%), pasangan (43%), rekan kerja (28%), dan rekan bisnis (13%).

Survei ini dilakukan secara online pada 15-24 Januari 2024, melibatkan 987 responden muslim yang ingin berbuka puasa bersama dari total 1.165 responden. Mayoritas responden berada di Pulau Jawa (80%), diikuti Pulau Sumatera (13%), dan pulau-pulau lainnya (8%).

Responden didominasi oleh kelompok muda yaitu berusia 17-25 tahun (44%) dan usia 26-35 tahun (38%). Berdasarkan pekerjaannnya, responden paling banyak berasal dari kalangan pekerja (55%), diikuti oleh pelajar (16%) dan pengusaha (15%).

(Baca: Apa Hidangan Favorit Warga Indonesia Saat Buka Puasa? Ini Surveinya)

Data Populer
Lihat Semua