Ragam Kegiatan yang Sering Dilakukan Warga RI saat Ramadan, Apa Saja?

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Nabilah Muhamad 21/03/2024 18:33 WIB
Ragam Kegiatan yang Sering Dilakukan Responden saat Ramadan (Februari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Terdapat sejumlah aktivitas yang sering dilakukan masyarakat Indonesia untuk menghabiskan bulan Ramadan. Hal tersebut terekam dalam laporan TGM Research bertajuk TGM Ramadan Report in Indonesia 2024. 

Survei menunjukkan, mayoritas atau 98% responden menjadikan makan bersama anggota keluarga di rumah sebagai aktivitas yang paling sering dilakukan selama Ramadan. 

Berikutnya ada 94% responden yang menghabiskan waktu selama Ramadan dengan mengunjungi teman dan keluarga di sekitar rumah.

Ada pula responden yang mudik untuk melihat teman dan keluarga, riset hal yang harus dibeli, serta belanja secara online maupun offline. Ini masing-masing dinyatakan oleh 93% responden. 

Selain itu, 86% responden menyatakan akan memasak di rumah untuk keluarga atau teman saat Ramadan. Sementara 74% responden memilih untuk makan di luar rumah. 

Survei ini turut mencatat alokasi pengeluaran responden saat Ramadhan. Mayoritas atau 45% responden akan mengalokasikan dana untuk makanan dan minuman.

Diikuti responden yang menyisihkan pengeluaran Ramadan untuk beramal sebanyak 22%, transportasi 17%, dan untuk hadiah 16%. 

Survei TGM Research ini melibatkan 746 responden muslim di Indonesia yang berusia 18-40 tahun ke atas. Koleksi data dilakukan pada 1-22 Februari 2024 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI).

(Baca: Ini Produk yang Diminati Konsumen Belanja Online saat Ramadan)

Data Populer
Lihat Semua