SMRC: Masyarakat yang Puas Kinerja Jokowi Lebih Banyak Pilih PDIP

Politik
1
Nabilah Muhamad 22/02/2024 13:22 WIB
Partai Politik Pilihan Responden yang Puas dengan Kinerja Jokowi menurut Exit Poll SMRC (14 Februari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan hasil survei pasca-pencoblosan (exit poll) Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), terdapat 80% responden yang puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dari kelompok yang puas tersebut, mayoritas atau 19% memilih PDIP dalam Pemilu 2024.

Partai politik lain yang banyak dipilih kelompok responden ini adalah Golkar dan Gerindra, dengan perolehan masing-masing 15%

Sementara PSI yang diketuai oleh putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, hanya meraih 3%.

"Sampai saat pemilu dilakukan, Jokowi tidak punya peran signifikan untuk mendongkrak elektabilitas PSI," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam paparan surveinya secara daring, Rabu (21/2/2024).

Menurut Deni, dalam pemilu kali ini ada beberapa partai yang berupaya mendapat citra positif dari kedekatan dengan Jokowi.

"Gerindra, misalnya, kita lihat elite politiknya itu memposisikan diri sebagai partai yang sangat pro Jokowi. Partai Golkar juga demikian, kemudian PAN," ujarnya.

Survei pasca-pencoblosan SMRC ini melibatkan 3.175 responden yang dipilih menggunakan metode stratified two stage random sampling dari 2.000 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Survei dilakukan pada 14 Februari 2024 melalui wawancara tatap muka, dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,8% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca juga: Quick Count Final Litbang Kompas: 8 Partai Berpotensi Lolos ke Senayan)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua