Survei Indikator: Mayoritas Publik Anggap Jokowi Dukung Prabowo-Gibran

Politik
1
Cindy Mutia Annur 12/02/2024 16:32 WIB
Persepsi Responden tentang Capres dan Cawapres yang Lebih Didukung Presiden Jokowi (28 Januari-4 Februari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut survei Indikator Politik, sebagian besar masyarakat menganggap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 2, yaitu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Proporsi responden yang beranggapan demikian mencapai 87,8%.

Sementara, responden yang menganggap Jokowi mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya 3%, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 2,1%.

Ada pula 7,2% responden yang tidak tahu atau tidak menjawab.

Indikator Politik juga mencatat, persepsi publik mengenai dukungan Jokowi terhadap Prabowo-Gibran makin menguat dibanding enam survei mereka terdahulu.

Sebelumnya, dalam survei Agustus 2023, mayoritas publik sempat menganggap pasangan yang didukung Jokowi adalah Ganjar-Mahfud.

Survei Indikator Politik terbaru diselenggarakan pada 28 Januari-4 Februari 2024, dengan melibatkan 1.200 responden yang tersebar di seluruh provinsi secara proporsional.

Populasi survei adalah warga negara Indonesia dengan hak pilih pada Pemilu 2024, yang berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Proses penarikan sampel menggunakan multistage random sampling, dengan tingkat kesalahan (margin of error) sekitar 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Film Dirty Vote Kritik Pembagian Bansos Jelang Pemilu 2024)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.