Cek Data: Prabowo Singgung Dana Abadi Kebudayaan, Berapa Besarannya pada 2023?

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Puja Pratama 04/02/2024 21:29 WIB
Jumlah Dana Abadi Kebudayaan Dibandingkan Dana Abadi Lainnya
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, menyatakan akan terus memberikan dana abadi kebudayaan untuk mendukung aktor-aktor budaya Indonesia. Berapa besarannya pada 2023?

Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, menyatakan akan terus memberikan dana abadi kebudayaan untuk mendukung aktor-aktor budaya Indonesia.

Hal ini ia sampaikan dalam acara Debat Pilpres 2024 seri kelima bertema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (4/2/2024).

Dalam sesi tanya jawab, Prabowo mengatakan, “Tanpa kita membanggakan, menghormati, dan melestrikan budaya, kita kehilangan jati diri kita sebagai bangsa. Semua kita lindungi. Kami ada dana abadi budaya untuk memberikan dukungan untuk semua aktor-aktor budaya kita, semua bidang. Ini adalah mutlak”.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, dana abadi untuk sektor kebudayaan merupakan yang terendah pada 2023. Apabila dibandingkan, dana abadi yang dikelola untuk sektor pendidikan mencapai Rp 111 triliun. Sedangkan dana abadi untuk sektor kebudayaan adalah Rp 5 triliun.

Menurut proyeksi Kementerian Keuangan, dana abadi kebudayaan pada 31 Desember 2024 mendatang akan meningkat menjadi Rp 7 triliun.

Editor : Dini Pramita
Data Populer
Lihat Semua