Apa Saja Kegiatan yang Biasa Dilakukan Masyarakat Saat Hari Ibu?

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Cindy Mutia Annur 22/12/2023 17:56 WIB
Tradisi/Kegiatan yang Biasa Dilakukan Responden Saat Hari Ibu (Desember 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hari Ibu Nasional diperingati setiap tanggal 22 Desember. Peringatan Hari Ibu merupakan momentum spesial untuk menghormati dan menghargai peran ibu di dalam keluarga,maupun lingkungan di sekitarnya.

Lantas, tradisi atau kegiatan apa saja yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia pada saat memperingati Hari Ibu?

Berdasarkan hasil survei Kurious-Katadata Insight Center (KIC), mayoritas atau 38,1% responden mengatakan memberikan hadiah khusus merupakan kegiatan yang biasa dilakukan untuk memperingati Hari Ibu.

Kemudian, sebanyak 34% responden memberikan ucapan terima kasih melalui surat, WhatsApp, atau panggilan telepon kepada ibu saat merayakan hari spesial tersebut.

Ada pula sebanyak 29% responden yang memasak bersama saat Hari Ibu. Lalu, diikuti dengan kegiatan berupa jalan-jalan atau piknik bersama (28,1%), wisata kuliner bersama (28%), berbelanja bersama (23%), memberikan pesta kejutan untuk ibu (19,6%), dan olahraga bersama (8,9%).

Sementara, 2,4% responden mengatakan melakukan kegiatan lainnya saat Hari Ibu. Sisanya, ada 19% responden yang mengaku tidak melakukan tradisi atau kegiatan apa pun di Hari Ibu.

Survei Kurious-KIC ini melibatkan 2.235 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, terdiri atas 55,4% responden perempuan dan 44,6% laki-laki.

Mayoritas responden berada di Pulau Jawa selain Jakarta (64,3%), diikuti responden di DKI Jakarta (16,4%), dan Pulau Sumatera (13,5%). Sementara proporsi responden dari Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara, dan Maluku-Papua berkisar 0,2-3%.

Pengumpulan data dilakukan periode 18-22 November 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,07% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Tren Pemberian ASI Eksklusif di Indonesia Terus Membaik dalam 4 Tahun Terakhir)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.