IKLAN

Survei KIC: Kalahkan ATM, Dompet Digital Jadi Produk Keuangan yang Paling Banyak Digunakan

Produk Keuangan yang Paling Banyak Digunakan (6-12 September 2021)

Sumber : Katadata Insight Center (KIC), Zigi.id, 13 Januari 2022

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Reza Pahlevi

Editor: Annissa Mutia

17/1/2022, 18.10 WIB

Survei Katadata Insight Center (KIC) bersama Zigi.id menunjukkan dompet digital menjadi produk keuangan yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Sebanyak 67,8% responden mengaku menggunakan dompet digital seperti GoPay, OVO, ShopeePay, Dana, dan lain-lain.

Dompet digital mengalahkan ATM Bank yang berada di peringkat kedua. Sebanyak 51,1% responden mengaku menggunakan ATM Bank. Disusul rekening bank konvensional di urutan ketiga produk yang banyak dipakai masyarakat (38,1% responden).

Selanjutnya ada mobile banking dengan persentase responden yang memakai produk ini sebesar 32,7%. Rekening bank digital berada di peringkat kelima dan digunakan oleh 24,3% responden.

Jika dibagi per generasi, penggunaan ATM Bank di kalangan generasi Y atau milenial lebih tinggi dibandingkan dengan generasi Y. ATM Bank digunakan oleh 57,1% responden generasi Y sementara hanya 35,4% generasi Z yang menggunakan ATM Bank.

Survei KIC bersama Zigi ini dilakukan terhadap 5.204 responden berusia 15 tahun ke atas yang dapat mengakses internet di seluruh Indonesia. Survei ini diselenggarakan pada 6-12 September 2021 menggunakan metode survei online.

(Baca: Survei KIC: Belanja Komunikasi & Internet Jadi Kebutuhan Rutin Utama Masyarakat)

IKLAN

data terkait