IKLAN

Survei KIC: Belanja Komunikasi & Internet Jadi Kebutuhan Rutin Utama Masyarakat

Ragam Kebutuhan Rutin Bulanan Masyarakat (September 2021)

Sumber : Katadata Insight Center (KIC), Januari 2022

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Annissa Mutia

13/1/2022, 14.20 WIB

Survei Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan, belanja komunikasi menjadi kebutuhan rutin bulanan utama masyarakat. Tercatat, persentase kebutuhan belanja pulsa dan internet ini mencapai 74,4%.

Belanja bahan makanan menempati posisi kedua dengan persentase sebanyak 69,9%. Kemudian, kebutuhan rutin bulanan membeli bahan bakar sebanyak 52,9%.

Berikutnya, sebanyak 48,7% responden mengatakan kebutuhan rutin bulanannya untuk membayar tagihan, seperti cicilan rumah dan kendaraan. Lalu, sebanyak 37,6% mengatakan kebutuhan rutin bulanannya berupa tabungan dan dana darurat.

Kebutuhan rutin bulanan selanjutnya, yakni membeli makan dan minum di restoran dan kafe sebanyak 26,4%. Diikuti oleh melakukan investasi (25,1%), membeli pakaian dan aksesoris (17,6%), hobi dan hiburan (10%), liburan (9,2%), dan lainnya (2,2%).

Adapun survei ini dilakukan terhadap 5.204 responden berusia 15 tahun ke atas yang dapat mengakses internet di seluruh Indonesia. Survei ini diselenggarakan pada 6-12 September 2021 menggunakan metode survei online.

(Baca: Bukan di Jakarta, Kebutuhan Hidup Tertinggi Ternyata di Kepulauan Babel)

IKLAN

data terkait