Perusahaan riset pasar Compas merilis daftar merek lipstik lokal terlaris di Shopee Indonesia periode Juni 2024.
Wardah menempati posisi puncak. Merek milik grup Paragon ini meraih pangsa pasar 10,5% dari total volume penjualan lipstik lokal di Shopee pada periode tersebut.
Masih dari grup Paragon, merek lipstik lokal Make Over masuk urutan kedua dengan pangsa pasar 6,9%.
Berikutnya ada Hanasui yang meraih pangsa 5,4%, Oh My Glam atau OMG 4,9%, Madame Gie 4,3%, dan Purbasari 3,1%.
Sementara lipstik merek lokal lainnya seperti Somethinc, Implora, Sea Makeup, dan Mother of Pearl (MOP) pangsanya lebih kecil seperti terlihat pada grafik.
Compas menghimpun data ini dengan metode penelusuran digital (online crawling) selama 1-30 Juni 2024. Mereka menelusuri jumlah penjualan lipstik merek lokal di toko-toko resmi atau official store Shopee dengan rating minimal bintang 4.
(Baca: Ini Produk Kecantikan Terlaris di E-Commerce Indonesia Kuartal I 2024)