LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Unggul di Pemilih NU, Ganjar-Mahfud di Muhammadiyah

Politik
1
Cindy Mutia Annur 25/10/2023 11:36 WIB
Keterpilihan Tiga Pasangan Capres-Cawapres di Kalangan Ormas Islam (September 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbaru tentang keterpilihan tiga pasangan capres dan cawapres Pemilu 2024 di kalangan ormas Islam.

Pada segmen pemilih Nahdlatul Ulama (NU), pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menempati posisi teratas dengan tingkat keterpilihan 44,6%.

Kemudian, tingkat keterpilihan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di kalangan pemilih NU sebesar 36,5%, sedangkan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin hanya 15%.

"Di segmen NU, Prabowo-Gibran unggul, sementara di segmen Muhammadiyah, Ganjar-Mahfud unggul," kata peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas dalam konferensi pers online di akun YouTube LSI Denny JA, Selasa (24/10/2023).

(Baca: Asas Partai Peserta Pemilu 2024: Pancasila, Islam, dan Welfare State)

Adapun Ganjar-Mahfud unggul di kalangan pemilih Muhammadiyah dengan tingkat keterpilihan 52,6%, di bawahnya ada Anies-Cak Imin dengan perolehan 21,2%, sedangkan Prabowo-Gibran hanya 19,4%.

Untuk segmen pemilih dari kalangan ormas Islam lain, Prabowo-Gibran tercatat unggul dengan tingkat keterpilihan 32,5%, diikuti Ganjar-Mahfud 23,1%, sedangkan Anies-Cak Imin 15,4%.

Begitu pula di kalangan bukan ormas Islam alias independen, Prabowo-Gibran paling unggul ketimbang dua pasangan lainnya.

Sedangkan di kalangan pemilih yang tidak tahu/tidak menjawab afiliasi ormasnya, Ganjar-Mahfud unggul seperti terlihat pada grafik di atas.

Survei ini dilakukan selama 4-12 September 2023 terhadap 1.200 responden yang tersebar di Indonesia. Metode penentuan responden menggunakan multi-stage random sampling.

Pengumpulan data menggunakan metode wawancara tatap muka kuesioner, dengan tingkat kesalahan (margin of error) survei sekitar 2,9%.

(Baca: Survei LSI Denny JA: Prabowo Paling Disukai di Kalangan NU dan Muhammadiyah)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua