Berapa Kekayaan Sir Jim Ratcliffe yang Siap Beli 25% Saham MU?

Ekonomi & Makro
1
Cindy Mutia Annur 16/10/2023 18:46 WIB
Besaran Harta Kekayaan Sir Jim Ratcliffe (2014-2023*)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sir Jim Ratcliffe kini menjadi satu-satunya kandidat terkuat investor Manchester United (MU), menurut ESPN.co.uk. Bos Ineos Group ini mengajukan tawaran pembelian saham minoritas kepada Setan Merah sebesar 25%.

Hal ini lantaran, Sheikh Jassim batal mengakuisisi MU pada Sabtu (14/10/2023) usai gagal menegosiasikan pengambilalihan penuh saham Setan Merah dari keluarga Glazer.

Pengusaha Qatar itu awalnya telah menyiapkan dana senilai 6 miliar poundsterling atau sekitar Rp 114,57 triliun agar bisa membeli 100% saham klub tersebut (kurs Rp19.096/poundsterling).

Adapun sebuah sumber yang mengetahui proses akuisi konglomerat Inggris tersebut mengatakan kepada ESPN bahwa Ratcliffe "lebih cerdas dalam pelaksanaan kesepakatannya" dibandingkan penawar saingannya, Sheikh Jassim.

Keluarnya Sheikh Jassim dari persaingan untuk membeli klub dengan gelar juara Liga Inggris terbanyak tersebut telah membuka jalan bagi Ratcliffe untuk menandatangani kesepakatan akuisisi seperempat kepemilikan saham dari keluarga Glazer, yang memiliki 69% saham klub. Sementara, sisa sahamnya dimiliki oleh investor kecil di Bursa Efek New York.

(Baca: Daftar Juara Liga Inggris Sejak 1888 hingga 2023, Siapa Terbanyak?)

Ratcliffe, menurut sebuah sumber ESPN, bersedia membayar antara 1,3 miliar poundsterling (Rp24,82 triliun) dan 1,5 miliar poundsterling (Rp28,64 triliun) untuk saham tersebut, meskipun nilai pasar MU saat ini berada di sekitar 2,6 miliar poundsterling (Rp49,64 triliun).

Perjanjian akuisisi tersebut dikabarkan akan ditandatangani paling cepat minggu ini, di mana memastikan bahwa keluarga Glazer tetap mempertahankan saham mayoritas.

 

Berapa Kekayaan Sir Ratcliffe?

Menurut Forbes Real Time Billionaires, pemilik nama asli James Ratcliffe ini merupakan orang terkaya di Inggris per 16 Oktober 2023. Ia tercatat memiliki kekayaan senilai US$18,7 miliar atau setara Rp293,97 triliun (kurs Rp15.720.US$).

Dilihat secara global, kekayaan Sir Jim Ratcliffe menempati urutan ke-86 dunia.

Kekayaan miliarder Inggris itu terus cenderung melonjak selama hampir satu dekade terakhir. Meski demikian, terdapat beberapa kali penurunan harta kekayaan James Ratcliffe, seperti terlihat pada grafik di atas.

Adapun dibandingkan akhir tahun lalu, kekayaan Sir Jim Ratcliffe saat ini naik sekitar US$2,4 miliar.

Tercatat, kekayaan konglomerat asal London ini mencapai level tertinggi pada 2023, sedangkan terendah pada 2014 yang hanya US$1,2 miliar.

Forbes mengatakan, Ratcliffe adalah pendiri, ketua dan pemilik mayoritas perusahaan kimia Ineos Group. Perusahaannya memproduksi berbagai zat kimia, mulai dari minyak sintetis dan plastik hingga pelarut yang digunakan untuk membuat insulin dan antibiotik.

Adapun Ratcliffe sempat menggadaikan rumahnya pada 1992 untuk memimpin pembelian bisnis BP Chemicals. Namun, enam tahun kemudian, dia membeli pabrik dari perusahaan tersebut untuk membentuk Ineos.

(Baca: Harga Saham Manchester United Meroket di Tengah Rumor Akusisi oleh Sheikh Jassim)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua