Ojek Online Sumbang 21% Pesanan di Restoran Skala Menengah-Besar

Ekonomi & Makro
1
Adi Ahdiat 18/07/2023 15:10 WIB
Persentase Porsi Makanan/Minuman yang Dipesan Konsumen di Restoran Skala Menengah-Besar Berdasarkan Cara Pembelian (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021 ada 9.026 unit usaha penyedia makanan dan minuman skala menengah-besar di seluruh Indonesia.

Angka itu terdiri dari 6.780 unit restoran, 243 unit katering, dan 2.003 unit usaha jasa pangan lainnya, baik yang menyediakan maupun tidak menyediakan tempat duduk untuk konsumen.

Penyedia makanan dan minuman skala menengah-besar dalam data BPS ini memiliki kriteria:

  • Usaha dengan omset paling sedikit Rp2,5 miliar per tahun; atau
  • Usaha dengan omset kurang dari Rp2,5 miliar per tahun, namun memiliki badan hukum perseroan terbatas (PT).

(Baca: 10 Provinsi dengan Restoran Skala Menengah-Besar Terbanyak di Indonesia)

Pada 2021, sekitar 45% restoran atau usaha penyedia makanan dan minuman skala menengah-besar sudah menggunakan layanan pemesanan online dari pihak ketiga, seperti aplikasi GoFood, GrabFood, dan sebagainya.

Namun, pada 2021 mayoritas konsumen memesan makanan/minuman secara langsung untuk dikonsumsi di tempat (on the spot), dengan persentase 49,25% dari total porsi yang dipesan.

Kemudian 29,67% dipesan konsumen secara langsung untuk dibawa pergi (take away), dan hanya 21,08% yang dipesan melalui ojek online.

BPS juga menemukan, aplikasi yang paling banyak mendatangkan pesanan untuk restoran atau usaha penyedia makanan dan minuman skala menengah-besar adalah GoFood (41,48%) dan GrabFood (32,61%).

Sedangkan kontribusi aplikasi pesan-antar makanan lain-lainnya lebih sedikit (25,91%).

(Baca: 10 Restoran Terlaris di Indonesia, Ada Nasi Padang Sederhana)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua