10 Restoran Terlaris di Indonesia, Ada Nasi Padang Sederhana

Produk Konsumen
1
Adi Ahdiat 03/02/2023 16:40 WIB
10 Restoran dengan Nilai Penjualan Tertinggi di Indonesia (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan United States Department of Agriculture (USDA), pada 2021 restoran makanan cepat saji KFC mencetak penjualan USD 334,4 juta di Indonesia.

Angka itu menjadikan KFC sebagai restoran dengan penjualan tertinggi di skala nasional. Di bawahnya ada McDonald's dan Pizza Hut dengan rincian seperti terlihat pada grafik.

"Jaringan layanan makanan internasional seperti KFC, McDonald's, dan Pizza Hut mendominasi pasar Indonesia. Namun, pada 2021 tiga pemain besar itu baru menguasai 4% dari pasar, menyisakan ruang untuk ekspansi lebih lanjut," kata USDA dalam laporannya.

Kendati brand internasional mendominasi, ada juga restoran lokal yang masuk ke jajaran terlaris di Indonesia pada 2021, yaitu Hoka Hoka Bento, Restoran Sederhana, Kopi Kenangan, J Co Donuts & Coffee, dan Kopi Janji Jiwa.

Adapun dari 10 usaha makanan dan minuman terlaris ini, Restoran Sederhana menjadi satu-satunya yang menawarkan menu makanan tradisional, yaitu masakan Padang.

USDA juga menyebut, mayoritas restoran besar di Indonesia menggunakan campuran pasokan bahan baku lokal dan impor. Bahan yang umumnya diimpor adalah keju, saus, minuman, dan daging sapi.

(Baca: Mayoritas Warga RI Sering Konsumsi Makanan dan Minuman Manis)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua