Sebaran Stok Beras Bulog Juni 2023, Mayoritas di Jawa Barat

Ekonomi & Makro
1
Adi Ahdiat 26/06/2023 17:30 WIB
Sebaran Stok Beras di Kantor Wilayah (Kanwil) Perum Bulog (20 Juni 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Badan Urusan Logistik (Bulog) adalah perusahaan umum milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan.

Selain menjalankan usaha pergudangan dan perdagangan komoditas pangan, Bulog juga mengemban tugas dari pemerintah untuk menjaga harga dasar pembelian gabah, stabilisasi harga pokok, menyalurkan beras untuk bantuan sosial, serta mengelola stok pangan.

Menurut laporan manajerial Perum Bulog, pada 20 Juni 2023 mereka memiliki stok beras sekitar 600 ribu ton yang tersebar di 26 Kantor Wilayah (Kanwil) Bulog di seluruh Indonesia.

Stok beras Bulog pada Juni 2023 paling banyak berada di Kanwil Jawa Barat, sedangkan paling sedikit di Kanwil Bali seperti terlihat pada grafik di atas.

Adapun berdasarkan data Badan Pangan Nasional (Bapanas), pada Juni 2023 stok cadangan beras pemerintah mencapai 23% dari total kebutuhan nasional per bulan.

Rasio itu tergolong sangat baik, jauh melampaui harapan Bapanas yang menargetkan cadangan pangan pemerintah minimal bisa mencapai 5% dari total kebutuhan nasional bulanan.

Namun, kendati stok cadangan beras pemerintah terbilang aman, cadangan komoditas bahan pokok lain masih sangat minim.

Menurut materi presentasi Kepala Bapanas yang bertajuk Situasi Pangan dan Strategi Badan Pangan Nasional Menjaga Stabilitas Pangan Nasional (Juni 2023), untuk beberapa komoditas pangan pokok seperti jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai, daging ayam, telur ayam, dan ikan, rasio cadangan pemerintah masih 0% dari total kebutuhan nasional per bulan.

(Baca: Stok Cadangan Pangan Pemerintah Juni 2023, Mayoritas Masih di Bawah Target)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua