Survei Kredivo-KIC: Gadget Lebih Banyak Dibeli Konsumen yang Belum Menikah

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 22/06/2023 10:20 WIB
Proporsi Jumlah Transaksi pada Kategori Produk Berdasarkan Status Perkawinan (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Konsumen belanja online yang masih lajang punya preferensi produk berbeda dengan konsumen yang sudah menikah.

Hal ini terlihat dari laporan survei hasil kolaborasi Kredivo bersama Katadata Insight Center (KIC) yang bertajuk Perilaku Konsumen e-Commerce Indonesia 2023: Pemulihan Ekonomi dan Tren Belanja Pasca Pandemi.

“Konsumen dengan status lajang lebih banyak melakukan transaksi untuk kategori gadget dan aksesorisnya, olahraga, mainan, dan hobi, serta otomotif,” kata tim Kredivo dan KIC dalam laporannya.

Menurut survei tersebut, kelompok responden lajang memiliki proporsi jumlah transaksi produk gadget dan aksesoris sebanyak 7,3%.

Sementara, di kelompok responden yang sudah menikah, proporsi jumlah transaksi gadget dan aksesoris hanya 5,9%, dan responden dengan status lainnya 5,4%.

Responden lajang juga memiliki proporsi jumlah transaksi lebih banyak untuk produk olahraga, mainan, dan hobi (7,3%), dibanding responden yang sudah menikah (5,8%) dan status lainnya (5,8%).

Di sisi lain, kelompok responden yang sudah menikah memiliki proporsi jumlah transaksi lebih besar untuk produk anak dan bayi (4,6%), ketimbang konsumen lajang (2,6%) dan status lainnya (2,4%).

Sementara, kelompok responden dengan status lainnya memiliki proporsi jumlah transaksi lebih besar untuk produk fashion, kesehatan dan kecantikan, peralatan rumah tangga, serta makanan, seperti terlihat pada grafik di atas.

Kredivo dan KIC melakukan survei ini dengan memanfaatkan 22 juta sampel transaksi dari 2,2 juta pengguna Kredivo yang tersebar di 34 provinsi Indonesia, dengan pendekatan bottom-up yang berdasarkan data primer.

Pengguna Kredivo yang disurvei berusia antara 18 tahun sampai >55 tahun, dengan kriteria pernah melakukan transaksi online pada periode Januari-Desember 2022 di marketplace Blibli, Bukalapak, JD.ID, Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Responden paling banyak tersebar di Pulau Jawa, terutama Jawa Barat (35,4%), DKI Jakarta (19,8%), Banten (12%), dan Jawa Timur (11,1%). Sementara, gabungan proporsi responden dari provinsi-provinsi lainnya mencapai 21,5%.

Lebih dari separuh atau 53,4% responden berstatus sudah menikah, sedangkan yang lajang 43,6%, dan status lainnya 3%. Laporan lengkap mengenai survei ini dapat diakses dan diunduh melalui tautan https://kredivocorp.com/.

(Baca juga: Apa yang Memotivasi Konsumen untuk Belanja Online? Ini Hasil Surveinya)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua