Ini Platform Belanja Online Paling Diminati Konsumen saat Ramadan

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 22/03/2024 17:47 WIB
Proporsi Responden yang Berniat Belanja Online saat Ramadan Berdasarkan Platform (Januari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Ada berbagai platform yang diminati konsumen belanja online saat Ramadan, mulai dari ­e-commerce/marketplace, business messenger, hingga situs toko daring.

Hal ini terlihat dari laporan hasil survei YouGov yang bertajuk Indonesia’s 2024 Ramadan Shopping Outlook.

Shopee menjadi platform belanja online yang paling banyak diminati konsumen Indonesia untuk belanja online saat Ramadan, dengan proporsi 89%.

Kemudian 51% responden berniat belanja online di Tokopedia, dan 41% berencana membeli produk di TikTok Shop pada bulan puasa tahun ini.

Ada pula yang berencana belanja online di Lazada (34%), Facebook/Instagram Shops (19%), Bukalapak (9%), WhatsApp/Line for Business (9%), Blibli (7%), situs toko daring (5%), dan platform lainnya saat Ramadan.

Survei ini juga mencatat, belanja online di Shopee saat Ramadan lebih banyak diminati kalangan perempuan dengan proporsi 92%, dibanding laki-laki 85%.

Kecenderungan serupa terjadi di TikTok Shop, dengan proporsi peminat dari kalangan perempuan 49% dan laki-laki 33%.

Sebaliknya, Tokopedia lebih populer di kalangan laki-laki dengan proporsi 59% ketimbang perempuan 42%.

YouGov melakukan survei ini terhadap 2.136 responden di Indonesia pada Januari 2024.

Seluruh responden berusia 18 tahun ke atas dan diasumsikan mewakili populasi pengguna internet nasional dari berbagai kelompok sosial-ekonomi.

(Baca: Ini Produk yang Diminati Konsumen Belanja Online saat Ramadan)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua