Dompet Digital, Metode Bayar Belanja Online Favorit di Indonesia

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 14/03/2024 17:55 WIB
Metode Pembayaran E-Commerce yang Banyak Dipakai di Indonesia* (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan We Are Social, sebagian besar pembayaran belanja online di Indonesia dilakukan melalui dompet digital.

Dari seluruh transaksi e-commerce konsumen dalam negeri pada 2022, mayoritas atau 39%-nya menggunakan metode tersebut.

Transfer bank menempati urutan kedua. Proporsi transaksi e-commerce yang menggunakan metode pembayaran ini mencapai 27%.

Berikutnya ada pembayaran menggunakan kartu debit dan kartu kredit dengan proporsi 17%, cash on delivery (COD) 11%, dan metode lain-lainnya 6%.

We Are Social juga mencatat, barang yang memiliki nilai belanja terbesar di e-commerce Indonesia adalah produk elektronik.

Sepanjang 2023, nilai total belanja produk elektronik melalui e-commerce secara nasional mencapai US$10,71 miliar atau sekitar Rp168,18 triliun (asumsi kurs Rp15.704/US$).

Kemudian di posisi kedua ada produk makanan, yang nilai total belanjanya di e-commerce mencapai US$6,09 miliar.

Selanjutnya ada produk fashion dengan estimasi total belanja US$5,49 miliar, diikuti media penyimpanan data fisik (seperti CD, DVD, dan sebagainya) US$1,85 miliar, serta perkakas (do-it-yourself hardware) US$1,8 miliar.

(Baca: Ini Produk dengan Nilai Belanja Terbesar di E-Commerce Indonesia 2023)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua