Ini Ragam Aktivitas Wisatawan saat Mengunjungi Candi Borobudur

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Nabilah Muhamad 16/06/2023 16:40 WIB
Aktivitas yang Dilakukan Responden saat Mengunjungi Candi Borobudur (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Candi Borobudur merupakan candi Buddha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Tempat ini seringkali dijadikan tempat wisata baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Menurut laporan survei Katadata Insight Center (KIC) yang bertajuk Persepsi Terhadap Wisata Candi Borobudur, sebanyak 78% dari total responden mengaku pernah mengunjungi candi tersebut, sedangkan 22% belum pernah.

Dari kelompok responden yang pernah ke Candi Borobudur, aktivitas yang paling banyak dilakukan adalah keliling pelataran atau halaman candi, yakni sebanyak 97%.

Ada banyak pula pengunjung candi yang berfoto (96%), keliling kompleks candi (94%), dan menaiki struktur bangunan candi (89%). Adapun saat ini aktivitas menaiki Candi Borobudur dibatasi, demi menjaga kelestarian bangunan sekaligus menjaga fungsinya sebagai tempat ibadah.

Hasil survei KIC juga menemukan, ada 70,2% responden yang sudah mengetahui bahwa ada beberapa bagian teras candi yang tidak boleh diakses masyarakat umum.

"Masyarakat cukup aware terhadap pelanggaran naik ke atas teras candi. Semakin ke atas area candi, semakin banyak diketahui masyarakat sebagai area yang dilarang untuk diakses," tulis KIC dalam laporannya.

Adapun tiga aktivitas terbawah yang dilakukan responden saat berkunjung ke Candi Borobudur adalah melihat sunset atau matahari terbenam (29%), melihat sunrise atau matahari terbit (24), dan melihat festival lampion saat waisak (13%).

Survei ini dilakukan kepada 2.191 responden yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Koleksi data dilakukan pada 21 Maret-18 April 2023 menggunakan metode survei online.

(Baca juga: Berapa Harga Tiket Masuk ke Candi Borobudur?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua