Berapa Harga Tiket Masuk ke Candi Borobudur?

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Cindy Mutia Annur 06/06/2022 15:20 WIB
Harga Tiket Masuk ke Candi Borobudur (6 Juni 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Candi Borobudur adalah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh Dinasti Syailendra, dinasti yang berkuasa di Jawa sampai abad ke-10.

Pada tahun 1991 Candi Borobudur ditetapkan sebagai situs Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO karena dinilai sebagai monumen yang kaya akan nilai sejarah, spriritual, dan arsitektural.

Candi ini juga merupakan salah satu monumen keagamaan Buddha terbesar di dunia yang bisa menjadi sarana edukasi sekaligus tempat beribadah bagi para penganutnya.

Sebelum adanya pandemi Covid-19, Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata budaya Indonesia yang ramai dikunjungi wisatawan.

Badan Pusat Statistik mencatat selama periode 2016-2019 Candi Borobudur dikunjungi oleh lebih dari 3,6 juta orang per tahun. Jika dirata-ratakan, angka itu setidaknya setara dengan 9.800 kunjungan per hari.

Harga tiket masuk ke Candi Borobudur yang berlaku sampai 6 Juni 2022 adalah sebagai berikut:

Turis Lokal:

  • Usia 3-10 tahun: Rp25 ribu/orang
  • Usia >10 tahun: Rp50 ribu/orang
  • Pelajar/mahasiswa: Rp25 ribu/orang (rombongan minimal 20 orang dengan surat pengantar dari sekolah/universitas)

Turis Asing:

  • Usia 3-10 tahun: US$15 atau sekitar Rp216 ribu/orang
  • Usia >10 tahun: US$25 atau sekitar Rp360 ribu/orang
  • Pelajar/mahasiswa: US$15 atau sekitar Rp216 ribu/orang (harus menunjukkan kartu pelajar)

Namun, saat ini pemerintah Indonesia berencana menaikkan harga tiket tersebut.

"Kami juga sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dolar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja," tulis Menko Marves Luhut Pandjaitan di akun Instagram resminya, Sabtu (4/6/2022).

"Langkah ini kami lakukan semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara. Semua turis juga nantinya harus menggunakan tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur, ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini," lanjut Luhut.

Menurut Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono, BUMN pariwisata yang mengelola candi ini, kenaikan harga tersebut hanya berlaku bagi pengunjung yang ingin naik ke candi. Sedangkan tiket masuk ke kawasan candi masih tetap sama.

"Tiket regulernya masih tetap sama, untuk wisnus Rp50 ribu, untuk wisman US$25. Hanya tiket ini berlaku cuma sampai pelataran candi saja," kata Edy, seperti dilansir Detik.com, Minggu (5/6/2022).

(Baca: Hampir 4 Juta Orang Berkunjung ke Candi Borobudur sepanjang 2019)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua