Ini Negara dengan Tarif Gas Alam Termahal di Dunia, Singapura Masuk Daftar!

Energi
1
Annissa Mutia 06/12/2022 17:10 WIB
Daftar Negara dengan Tarif Gas Alam Termahal di Dunia 2022
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Perang antara Rusia-Ukraina menjadi salah satu pemicu inflasi energi global dan mendorong kenaikan biaya hidup di seluruh dunia.  Dibandingkan dengan rata-rata tahun 2021, harga gas alam di Eropa naik enam kali lipat.

Delapan dari 10 negara dengan tarif gas alam tertinggi secara global berada di Eropa, dengan Belanda di posisi puncak. Menurut Global Petrol Prices, tarif gas alam di Belanda mencapai US$0.427 atau setara Rp6,668 per kilowatt per jam (Kwh). 

Negara dengan tarif gas alam termahal berikutnya adalah Swedia, Jerman, dan Denmark. Harga gas alam di negara tersebut masing-masing US$0.250, US$0.220, dan US$0.199.

Di luar Eropa, Brasil memiliki harga gas alam tertinggi kelima secara global, meski memproduksi sekitar setengah dari pasokan dalam negeri. Biaya gas memasak yang tinggi menjadi tantangan tersendiri bagi keluarga berpenghasilan rendah, yang menjadi isu politik utama menjelang pemilihan presiden pada bulan Oktober.

Sementara itu, Singapura memiliki harga gas alam tertinggi di Asia karena mayoritas diimpor melalui kapal tanker atau pipa, membuat negara tersebut rentan terhadap guncangan harga.

(baca: Ini Daftar Negara dengan Tarif Listrik Termahal di Dunia, Bagaimana RI?

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.