Piala Dunia Qatar 2022: Kalahkan Spanyol, Jepang Melenggang ke Babak 16 Besar

Olahraga
1
Viva Budy Kusnandar 02/12/2022 11:30 WIB
Klasemen Fase Penyisihan Grup E Piala Dunia Qatar 2022
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Tim nasional (Timnas) Jepang yang berjulukan Samurai Biru lolos ke babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022 setelah mengalahkan Timnas Spanyol dengan skor 2-1 dalam matchday 3.

Dengan kemenangan tersebut, Timnas Jepang mendapat tambahan nilai 3 poin menjadi 7 poin, serta memimpin klasemen fase penyisihan Grup E.

Keberhasilan Timnas Samurai Biru dalam menundukkan Tim 'Matador' Spanyol terjadi di pertandingan laga terakhir fase penyisihan yang berlangsung di Stadion Khalifa International, Doha, Qatar, pada Jumat dini hari (2/12/2022).

Awalnya, Tim Matador sempat unggul dengan mencetak gol di menit ke-11 lewat sundulan Alvaro Morata yang mendapat umpan dari Cesar Azpilicueta. Kemudian Tim Samurai Biru menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-48 berkat tendangan keras Ritsu Doan.

Tak berselang lama, pemain Jepang kembali mencetak gol ke gawang Spanyol yang dikawal Unai Simon, hasil dari tendangan Ao Tanaka yang mendapat umpan tarik dari Kaoru Mitoma. Skor pun berubah menjadi 2-1 untuk kemenangan Tim Samurai Biru.

Meski kalah dari Jepang, Timnas Spanyol tetap bisa melaju ke babak 16 besar. Timnas Spanyol dan Jerman sama-sama meraih 4 poin, namun Tim Matador unggul selisih gol sehingga berhak melanjutkan laganya di Piala Dunia Qatar 2022.

Sebelumnya, Timnas Jerman yang merupakan salah satu raksasa sepak bola Eropa dikalahkan oleh Timnas Jepang dengan skor 2-1 pada matchday 1 fase penyisihan Grup E.

Dalam pertandingan lainya di Grup E, Timnas Jerman berhasil mengalahkan Timnas Kosta Rika dengan skor 4-2. Namun, tim dengan julukan Der Panzer tersebut tetap gagal lolos ke babak 16 besar, bersama dengan Kosta Rika yang juga tersingkir dari Piala Dunia Qatar 2022.

(Baca: Piala Dunia Qatar 2022: Prancis dan Australia Lolos Babak 16 Besar dari Grup D)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.