Awas Mangkrak, Pembangunan Jalan Tol di Era Jokowi Ini Bernilai Jumbo

Utilitas
1
Cindy Mutia Annur 20/09/2022 19:10 WIB
Nilai Pembangunan Jalan Tol Terbesar di Era Kedua Jokowi Memimpin (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mempercepat sejumlah pembangunan infrastruktur tol. Beberapa di antaranya ditargetkan selesai pada 2024 mendatang.

Pertama, ada pembangunan jalan tol Gedebage - Tasikmalaya – Cilacap atau Getaci. Tol ini bakal menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia sepanjang 206,65 kilometer. Tol ini diharapkan dapat mengurai kemacetan di jalur selatan Jawa.

Seksi 1&2 pembangunan tol dari Gedebage - Tasikmalaya ditargetkan selesai pada 2024 mendatang. Sedangkan, untuk Seksi 3&4 dari Tasikmalaya - Cilacap ditargetkan rampung pada 2029 mendatang.

Tol Getaci adalah salah satu Proyek Strategis Nasional yang menyerap anggaran dana hingga Rp56 triliun. Pembangunan infrastruktur ini dilakukan melalui pendanaan proyek dari swasta pemerintah atau KPBU.

Kedua, pembangunan jalan tol Tanggul Laut Semarang ‘Atlantis’. Proyek ini bagian dari skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di proyek Jalan Tol Semarang - Demak sepanjang 27 Km yang terintegrasi dengan Tanggul Laut Kota Semarang dengan nilai investasi Rp15 triliun.

Ketiga, pembanguanan jalan tol Yogyakarta – Bawen yang ditargetkan rampung pada 2024. Proyek jalan Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 75,82 km ini sudah dimulai pembangunannya ditandai dengan peletakan batu pertama (Groundbreaking) pada akhir Maret 2022 lalu di Sleman, Jogja dengan nilai investasi yang cukup besar yakni senilai Rp14,26 triliun.

(Baca: Ini 16 Ruas Jalan Tol Baru yang Ditargetkan Beroperasi pada 2022)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.