IKLAN

Survei: Mayoritas Warga RI Hargai Keragaman Budaya di Medsos

Sikap Responden tentang Menghargai Keragaman Budaya di Media Sosial* (2021)

Sumber : Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Katadata Insight Center (KIC), 2022

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Vika Azkiya Dihni

Editor: Adi Ahdiat

5/8/2022, 17.00 WIB

Menurut hasil survei Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC), masyarakat Indonesia umumnya menghargai keragaman budaya saat berinteraksi di media sosial.

Mayoritas atau 68,7% responden setuju bahwa warga harus mempertimbangkan keragaman budaya, agama, dan usia teman di media sosial saat membagikan informasi.

Tapi, ada pula 0,9% responden yang menyatakan sangat tidak setuju dan 5% tidak setuju dengan pertimbangan tersebut. Sedangkan 8,6% responden menjawab ragu.

(Baca Juga: Segelintir Orang Menyaring Teman Medsos menurut Agama dan Status Sosial)

Survei ini juga menemukan bahwa, saat mengunggah atau berbagi informasi di media sosial, mayoritas responden mempertimbangkan perasaan pembaca yang berasal dari suku dan pandangan politik lain.

Mayoritas responden juga mengaku menikmati serta suka berbagi seni budaya tradisional dan kontemporer Indonesia secara digital, serta tidak menyukai adanya kubu yang bertentangan di media sosial.

Responden yang terlibat dalam survei ini berjumlah 10.000 orang yang tersebar di 34 provinsi Indonesia. Kriteria responden merupakan anggota rumah tangga berusia 13-70 tahun serta pernah mengakses internet dalam 3 bulan terakhir.

(Baca Juga: Literasi Digital Yogyakarta Terbaik Nasional, Ini Kekuatan Utamanya)

IKLAN

data terkait