Literasi Digital Yogyakarta Terbaik Nasional, Ini Kekuatan Utamanya

Teknologi & Telekomunikasi
1
Vika Azkiya Dihni 18/07/2022 15:50 WIB
Indeks Literasi Digital Yogyakarta (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

DI Yogyakarta merupakan provinsi dengan literasi digital terbaik nasional pada tahun 2021.

Hal ini tercatat dalam laporan riset Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC) yang bertajuk Status Literasi Digital Indonesia 2021.

Hasil riset mencatat skor indeks literasi digital Yogyakarta berada di level 3,71 dalam skala 1-5. Semakin besar skornya, maka literasi digital warga di provinsi tersebut diasumsikan semakin baik.

Indeks literasi digital dalam riset ini diukur melalui empat pilar indikator besar, yakni Digital SkillsDigital EthicsDigital Safety, dan Digital Culture.

Dari empat indikator tersebut, Yogyakarta mendapatkan skor indeks tertinggi di pilar Digital Culture, yakni 3,97. Pilar ini mengukur tentang kemampuan menerapkan dan menghargai budaya lokal saat berinteraksi di ruang digital.

Di pilar Digital Skills Yogyakarta mendapat skor 3,85. Pilar ini mengukur kecakapan pengguna internet dalam menggunakan komputer atau gawai, mengunggah/mengunduh data, mengecek ulang informasi dari internet, dan sebagainya.

Kemudian skor Digital Ethics atau etika digitalnya tercatat sebesar 3,66. Pilar ini mengukur kepekaan pengguna internet dalam mengunggah konten tanpa izin, berkomentar kasar di media sosial, menghargai privasi di internet, dan sebagainya.

Sedangkan skor terendah Yogyakarta ada di pilar Digital Safety, yakni 3,37. Pilar ini mengukur kemampuan individu dalam mengenali, mempolakan, menerapkan, menganalisis, menimbang dan meningkatkan kesadaran pelindungan data pribadi dan keamanan digital dalam kehidupan sehari-hari.

Secara umum, indeks tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Yogyakarta sudah mampu menerapkan dan menghargai budaya lokal di ranah internet, serta memiliki kecakapan menggunakan perangkat digital yang cukup baik.

(Baca Juga: Mayoritas Warga RI Tidak Pasang Antivirus di Gadget)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.