Daftar Kota dengan Tingkat Perceraian Tertinggi di Kalimantan Utara 2021

Demografi
1
Viva Budy Kusnandar 21/07/2022 17:10 WIB
Penduduk Berstatus Cerai Hidup di Provinsi Kaltara Menurut Kabupaten/Kota (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri mencatat jumlah penduduk Kalimantan Utara (Kaltara) yang berstatus cerai hidup ada 9.788 jiwa pada 2021. Jumlah tersebut porsinya mencapai 1,4% dari total penduduk yang mencapai 698 ribu jiwa.

Kota Tarakan tercatat sebagai wilayah dengan penduduk berstatus cerai hidup tertinggi di Kaltara, yakni sebesar 1,93% dari total penduduk sebanyak 241,98 ribu jiwa.

Wilayah dengan penduduk berstatus cerai hidup tertinggi berikutnya adalah Kabupaten Bulungan sebesar 1,46%. Diikuti Kabupaten Nunukan sebesar 1,06%, Kabupaten Tana Tidung sebesar 1,05%. Sedangkan, Kabupaten Malinau tercatat sebagai wilayah dengan penduduk berstatus cerai hidup terendah, yakni hanya 0,66% dari total penduduk.

Berdasarkan status perkawinannya, penduduk Kaltara yang berstatus belum kawin mencapai 52,15% dan 43,89% yang berstatus belum kawin. Sementara, penduduk yang berstatus cerai hidup sebesar 1,45% dan yang berstatus cerai mati sebesar 2,55%.

Cerai hidup adalah seseorang yang telah berpisah sebagai suami-istri karena bercerai dan belum kawin lagi. Sedangkan, cerai mati adalah seseorang yang ditinggal mati oleh suami atau istrinya dan belum kawin lagi.


(Baca: Ini Kota di Sulawesi Utara dengan Penduduk Cerai Hidup Tertinggi)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.