Ini Merek Sepeda Motor Matic Terpopuler di Indonesia Versi Top Brand Award 2022

Transportasi & Logistik
1
Vika Azkiya Dihni 20/07/2022 11:10 WIB
Merek Sepeda Motor Matic Terpopuler di Indonesia (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sepeda motor matic saat ini menjadi favorit pengendara roda dua. Kehadirannya mulai menggeser posisi motor bebek yang sebelumnya memimpin pasar penjualan kendaraan.

Lembaga riset independen, Frontier Group, melakukan survei Top Brand salah satunya terkait kategori otomotif sepeda motor. Hasilnya, Honda Beat menjadi sepeda motor matic paling populer di Indonesia pada 2022.

Honda Beat tercatat memperoleh skor Top Brand Index (TBI) tertinggi dari merek motor matic lainnya, yakni 34,2%. Posisinya diikuti Honda Vario dengan skor 20,8%.

Yamaha Mio ada di posisi ketiga dengan memperoleh skor TBI 12,3%. Setelahnya ada Honda Scoopi 9,9%, dan Honda PCX 8,3%.

Selain motor matic, survei ini juga merinci Top Brand motor sport dan motor bebek di Indonesia. Hasilnya, Honda CBR merupakan merek motor sport terpopuler dengan skor TBI 31,4%, sementara untuk motor bebek diraih oleh Honda Supra dengan skor 20,3%.

Adapun, penilaian ini dibuat berdasarkan survei terhadap 8.500 responden yang tersebar di 15 kota besar Indonesia. Responden terdiri dari 6.000 sampel acak, 1.700 sampel booster, dan 800 sampel booster B2B.

Metode sampling dalam survei ini untuk sampel random dan random retail adalah multistage area random sampling. Sedangkan sampel booster dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling.

Ada tiga parameter yang digunakan dalam penilaian ini. Pertama, Top of Mind atau merek produk pertama yang disebut responden.

Kedua, Last Usage atau merek produk terakhir yang digunakan responden. Ketiga, Future Intention atau keinginan responden untuk menggunakan produk merek tersebut di masa depan.

Skor Top Brand Index selanjutnya diperoleh dengan cara menghitung rata-rata terbobot masing-masing parameter.

(Baca Juga: Penjualan Sepeda Motor Menurun pada Mei 2022, Ini Rinciannya)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.