IKLAN

Perusahaan Teknologi & Informasi Paling Banyak Buka Lowongan Pekerjaan pada 2021

10 Sektor Industri Pemberi Kerja Terbanyak di Indonesia (2021)

Sumber : EKRUT,

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Annissa Mutia

7/1/2022, 15.50 WIB

Berbeda dengan masa awal pandemi pada 2020 di mana banyak perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja, pada 2021 telah terlihat pemulihan pasar dengan peningkatan kebutuhan tech talent sebesar 54,47%. Menurut laporan EKRUT, perusahaan di sektor teknologi informasi dan komunikasi mendominasi pasar rekrutmen di Indonesia. 

Tercatat, perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan di bidang teknologi informasi dan komunikasi sebanyak 71 perusahaan pada 2021. Sektor industri lainnya yang juga banyak membuka lowongan pekerjaan saat ini mencakup berbagai bidang, mulai dari manufaktur hingga jasa. 

Perusahaan di sektor keuangan dan asuransi berada di urutan kedua dengan 56 perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Diikuti sektor e-commerce dan telekomunikasi masing-masing sebanyak 35 perusahaan dan 15 perusahaan.

Selanjutnya, sektor perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan terbanyak adalah kesehatan dan perawatan yakni 12 perusahaan. Sementara, ada 7 perusahaan yang bergerak di bidang platform yang membuka lowongan tahun lalu.

EKRUT juga menemukan bahwa profesi tech talents paling laris di tahun 2021 dan didominasi oleh profesi di bidang Software Engineering dengan persentase sebesar 64,64%. Backend Engineer menjadi profesi yang paling diminati dengan gaji bulanan rata-rata sebesar Rp 19 juta di sektor industri e-commerce.

(Baca Selengkapnya: Pendapatan Pekerja Lepas Usia Produktif di Perkotaan Paling Tinggi)

IKLAN