Ini 10 Lowongan Pekerjaan di LinkedIn dengan Pertumbuhan Melejit 4 Tahun Terakhir

Ketenagakerjaan
1
Erlina F. Santika 23/06/2023 18:27 WIB
Persentase Peningkatan Unggahan 10 Lowongan Pekerjaan di LinkedIn (2018-2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) mengolah riset dari LinkedIn terkait pertumbuhan lowongan pekerjaan yang paling pesat selama empat tahun terakhir, 2018-2022.

Penelitian yang dilakukan oleh LinkedIn bertajuk Future of Jobs Report 2023 sebenarnya menghimpun 100 pekerjaan yang tumbuh paling cepat, konsisten, dan mendunia, selama kurun waktu tersebut. Pekerjaan-pekerjaan ini dikenal sebagai jobs on the rise atau pekerjaan yang tengah naik daun.

Sedikitnya ada 10 pekerjaan teratas yang paling pesat pertumbuhannya, yang dikumpulkan oleh WE Forum.

Pertama adalah posisi talent acquisition associate atau orang yang mencari kandidat terbaik untuk perusahaan,dengan persentase peningkatan hingga 53% selama empat tahun terakhir. Posisi ini mirip seperti human resource development (HRD) yang berfokus pada rekrutmen, tetapi HRD lebih banyak berkecimpung terhadap hal internal perusahaan.

Kedua adalah sustainability analyst atau analis keberlanjutan perusahaan dengan persentase pertumbuhan mencapai 45% selama empat tahun terakhir. Ketiga adalah sales development representative, yang fokus pada penjualan produk, sebesar 45%.

Keempat adalah customer success analyst atau analis yang fokus untuk memastikan kepuasan pelanggan sebesar 43%.

Selanjutnya ada sustainability specialist atau spesialis keberlanjutan perusahaan; customer success associate; dan growth marketing manager atau manajer strategi pemasaran, dengan proporsi pertumbuhan yang sama, yakni 42%.

WE Forum menyoroti beberapa posisi sustainability atau keberlanjutan dan lingkungan yang masuk dalam 40 pekerjaan dengan pertumbuhan paling pesat, tiga di antaranya masuk dalam daftar grafik di atas.

"Ini mungkin menunjukkan bahwa transisi hijau adalah tren pasar tenaga kerja yang signifikan dan sedang berkembang," tulis WE Forum dalam laporannya yang bertajuk The Future of Jobs Report 2023.

Berikut 10 pekerjaan dengan persentase pertumbuhan tercepat sepanjang 2018-2022:

  1. Talent acquisition associate 53%
  2. Sustainability analyst 45%
  3. Sales development representative 45%
  4. Customer success analyst 43%
  5. Sustainability specialist 42%
  6. Customer success associate 42%
  7. Growth marketing manager 42%
  8. Talent acquisition partner 41%
  9. Sustainability manager 40%
  10. Workplace coordinator 39%

(Baca juga: Ini Situs Lowongan Kerja yang Banyak Digunakan Masyarakat Indonesia, Ada Favoritmu?)

Data Populer
Lihat Semua