Ini Situs Lowongan Kerja yang Banyak Digunakan Masyarakat Indonesia, Ada Favoritmu?

Media
1
Nabilah Muhamad 13/06/2023 14:25 WIB
Persentase Penggunaan Situs Lowongan Kerja oleh Responden (April 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kemudahan dalam mengakses internet turut mempermudah para pencari pekerja dalam mencari informasi seputar lowongan kerja melalui berbagai situs pencari kerja yang ada.

Menurut hasil survei Populix bertajuk Unveiling the Tech Revolution: How Technology Reshapes the Future of Work pada Mei 2023, sebanyak 66% responden mengaku mengetahui informasi seputar lowongan kerja mealui situs pencari kerja.

Dari banyaknya situs lowongan kerja yang ada di Indonesia, Jobstreet jadi situs pencari kerja yang paling banyak digunakan masyarakat, sebesar 82% dari total responden. 

Sementara LinkedIn yang berfungsi sebagai platform jaringan profesional terbesar di dunia sekaligus portal lamaran kerja, berada di urutan kedua yang sebesar 61%.

Jobs.id menyusul di posisi ketiga sebagai situs pencari kerja yang paling banyak digunakan dengan persentase sebanyak 33%.

Lalu diikuti oleh Karir.com dan Glints dengan proporsi masing-masing sebesar 29% dan 25%.

Kemudian di urutan berikutnya ada Kalibrr, JobDB, Karirpad, Jobplanet, dan situs lowongan kerja lainnya dengan persentase di bawah 20% seperti yang terlihat pada grafik.

Secara keseluruhan, survei ini melibatkan 1.014 responden pada April 2023. Namun untuk kategori survei situs pencari lowongan kerja melibatkan 671 responden.

Responden umum tersebar di tiga pulau di Indonesia. Rinciannya sebanyak 76% responden dari pulau Jawa, 14% dari Sumatra, dan 10% dari pulau lainnya.

Sementara untuk rentang usia responden didominasi oleh usia 17-25 tahun sebanyak 51%, dan rentang usia 26-35 sebanyak 33%.

(Baca juga: Kurang Diakui hingga Beban Kerja Berlebih, Ini Alasan Warga RI Tak Bahagia dengan Pekerjaannya)

Data Populer
Lihat Semua