Merapi hingga Sinabung, Tiga Gunung RI Berstatus Siaga

Demografi
1
Cindy Mutia Annur 13/12/2021 11:30 WIB
Daftar Tingkat Aktivitas Gunung Api di Indonesia (Senin, 13 Desember 2021 Pukul 09.45 WIB)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laporan Magma Indonesia menunjukkan, tak ada gunung api aktif di Indonesia yang berstatus level IV/Awas alias sedang meletus hingga Senin 13 Desember 2021. Namun, ada tiga gunung aktif di Indonesia yang tengah berstatus level III/Siaga alias dapat berlanjut ke letusan.

Ketiga gunung tersebut di antaranya yakni Gunung Merapi di DI Yogyakarta/Jawa Tengah, Gunung Ile Lewotolok di Nusa Tenggara Timur, dan Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Sejumlah gempa guguran dan vulkanik dilaporkan dari ketiga gunung tersebut.

Kemudian, ada 18 gunung aktif di Indonesia yang berstatus level II/Waspada. Di antaranya yakni Gunung Anak Krakatau di Lampung, Gunung Awu di Sulawesi Utara, hingga Gunung Semeru di Jawa Timur.

Sementara, sebanyak 48 gunung aktif di Tanah Air berstatus level I/Normal. Di antaranya yakni Gunung Agung di Bali, Gunung Ciremai di Jawa Barat, hingga Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat.

Adapun menurut Magma Indonesia, ada 127 gunung api aktif di tanah air hingga saat ini. Namun, hanya ada 68 gunung api aktif yang dipantau oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

(Baca: Ada 156 Letusan Gunung Api di Indonesia Sepanjang 2010-2020)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua