Rasio Vaksinasi Penuh Indonesia Terendah Ketiga di Asia tenggara

Rasio Vaksinasi Covid-19 Penuh (Dua Dosis) di Asia Tenggara (per 11 Oktober 2021)

Sumber : Our World In Data, 11 Oktober 2021

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Dimas Jarot Bayu

12/10/2021, 12.00 WIB

Berdasarkan Our World In Data, baru 21% penduduk Indonesia yang telah mendapatkan dua dosis vaksin virus corona Covid-19 hingga Senin, 11 Oktober 2021. Angka ini merupakan yang terendah ketiga di Asia Tenggara.

Sebaliknya, Singapura menjadi negara dengan rasio vaksinasi corona secara penuh tertinggi di Asia Tenggara. Negeri Singa itu telah menyuntikkan dua dosis vaksin corona kepada 78% warganya.

Posisi kedua ditempati oleh Kamboja lantaran telah memvaksinasi penuh 69% warganya. Rasio vaksinasi penuh di Malaysia dan Brunei Darussalam masing-masing sebesar 65% dan 48%.

Kemudian, rasio vaksinasi penuh di Thailand sebesar 33%. Penduduk Laos dan Timor Leste yang telah mendapatkan dua dosis vaksin masing-masing sebanyak 28% dan 22%.

Adapun, rasio vaksinasi penuh di Vietnam dan Myanmar berada di bawah Indonesia. Tercatat, penduduk Vietnam yang telah mendapatkan dua dosis vaksin corona sebesar 16%. Sementara, rasio vaksinasi penuh di Myanmar baru mencapai 7,1%.

Vaksinasi penting untuk mengurangi risiko kesakitan dan kematian akibat corona. Atas dasar itu, masyarakat diimbau untuk mengikuti program vaksinasi yang tengah berjalan.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Protokol kesehatan tersebut dapat mencegah terjadinya penularan corona.

(Baca: Kasus Aktif Covid-19 Indonesia Turun ke Posisi 19 Asia)

Konten cek fakta ini kerja sama Katadata dengan Google News Initiative untuk memerangi hoaks dan misinformasi vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia.

google news initiative x katadata

data terkait