Survei Indostrategic: PDIP Unggul Jika Pemilu Berlangsung Hari Ini

Politik
1
Viva Budy Kusnandar 04/08/2021 16:20 WIB
10 Partai Politik dengan Elektabilitas Tertinggi Jika Pemilu pada Saat Ini
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal unggul jika pemilihan umum (pemilu) dilakukan hari ini. Berdasarkan hasil survei Hasil survei Institute for Democracy and Strategic Affair (Indostrategic), partai berlambang banteng moncong putih tersebut meraih elektabilitas 18,5%.

Partai Gerindra berada di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 11,5%. Setelahnya ada Partai Demokrat yang meriah elektabilitas sebesar 8,9%.

Kemudian, ada  8,5% responden yang memilih PKS jika pemilu dilakukan hari ini. Sebanyak 6,9% responden tercatat memilih Golkar dan 5,5% responden menentukan pilihannya kepada PKB.

Dari hasil survei tersebut, hanya enam partai yang mampu meraih elektabilitas di atas 5%. Sisanya sebanyak 12 partai memiliki elektabilitas yang kurang dari 5%. Bahkan, elektabilitas delapan partai kurang dari 1%.

Sementara, responden yang menyatakan tidak memilih atau golput sebanyak 1,9%. Ada 5% responden yang merahasiakan piihannya. Sebanyak 24,4% responden tidak menjawab atau tidak tahu (TT/TJ).

(Baca: Survei Indostrategic: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Anies Menyusul)

Indostrategic melakukan survei terhadap 2.400 responden yang tersebar di 34 provinsi pada 23 Maret - 1 Juni 2021. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) dalam survei ini sebesar 2%.

Data Populer
Lihat Semua