Katadata Insight Center (KIC) bersama OMG Indonesia dan TrendWatching merilis laporan riset kolaborasi bertajuk Indonesia Middle Class in Motion: Smarter Choice, Wiser Spending.
Riset ini salah satunya menelaah persepsi masyarakat kelas menengah Indonesia tentang merek-merek yang diasosiasikan dengan gaya hidup ramah lingkungan.
Di sektor fintech atau layanan keuangan digital, mayoritas responden menganggap merek yang citranya paling dekat dengan gaya hidup tersebut adalah Gopay.
Berikut daftar fintech yang diasosiasikan dengan gaya hidup ramah lingkungan, menurut survei KIC:
- Gopay: 38,6%
- Dana: 17,5%
- Wondr by BNI: 7%
- Seabank App: 5,3%
- Flip: 3,5%
Survei ini dilakukan terhadap 463 responden di Indonesia yang berusia 17–59 tahun.
Seluruh responden tergolong kelas menengah, dengan pengeluaran bulanan antara Rp2 juta hingga Rp10 juta per kapita.
Pengumpulan data dilakukan pada 4–13 November 2025 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI).
Laporan lengkap Indonesia Middle Class in Motion: Smarter Choice, Wiser Spending, dapat diunduh di sini.
(Baca: Ini Kesulitan Warga Menengah RI Terapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan)