Sederet Akun Media Sosial Pendorong Publik Berlibur saat Pandemi

Teknologi & Telekomunikasi
1
Yosepha Pusparisa 27/01/2021 11:20 WIB
Jenis Akun Media Sosial yang Mempersuasi untuk Berlibur
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sebagian masyarakat tetap berwisata pada akhir 2020 lalu, meski pandemi Covid-19 masih mengancam. Dalam survei Jakpat, 68% responden mengaku merencanakan bepergian atau sekadar berlibur menetap di dekat rumah, tanpa melakukan perjalanan jauh (staycation).

Pendorong masyarakat berlibur pada akhir tahun lalu adalah media sosial. Beragam akun media sosial yang berhasil menarik responden adalah media massa (62,8%), teman/keluarga (61,9%), dan info perjalanan (52,6%). Para pencipta konten (content creator/influencer) dan selebritas juga mendorong masyarakat untuk berlibur. Keduanya mempengaruhi keputusan 44,1% dan 29,3% responden.

(Baca: Usai Tes Covid-19, Masyarakat Cenderung Berani Bepergian)

Jakpat melakukan survei pada 1.406 responden. Dari jumlah tersebut, 950 responden di antaranya berencana untuk berlibur pada akhir 2020 lalu. Survei yang berlangsung pada 7-10 Desember 2020 ini memiliki margin of error di bawah 3%.

 

Data Populer
Lihat Semua