IKLAN

Sederet Akun Media Sosial Pendorong Publik Berlibur saat Pandemi

Jenis Akun Media Sosial yang Mempersuasi untuk Berlibur

Sumber : JakPat, 6 Januari 2021

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Muhammad Ahsan Ridhoi

27/1/2021, 11.20 WIB

Sebagian masyarakat tetap berwisata pada akhir 2020 lalu, meski pandemi Covid-19 masih mengancam. Dalam survei Jakpat, 68% responden mengaku merencanakan bepergian atau sekadar berlibur menetap di dekat rumah, tanpa melakukan perjalanan jauh (staycation).

Pendorong masyarakat berlibur pada akhir tahun lalu adalah media sosial. Beragam akun media sosial yang berhasil menarik responden adalah media massa (62,8%), teman/keluarga (61,9%), dan info perjalanan (52,6%). Para pencipta konten (content creator/influencer) dan selebritas juga mendorong masyarakat untuk berlibur. Keduanya mempengaruhi keputusan 44,1% dan 29,3% responden.

(Baca: Usai Tes Covid-19, Masyarakat Cenderung Berani Bepergian)

Jakpat melakukan survei pada 1.406 responden. Dari jumlah tersebut, 950 responden di antaranya berencana untuk berlibur pada akhir 2020 lalu. Survei yang berlangsung pada 7-10 Desember 2020 ini memiliki margin of error di bawah 3%.

 

IKLAN

data terkait