BRI: Aktivitas Bisnis UMKM Mulai Meningkat

Indeks Aktivitas Bisnis UMKM BRI (BMSI)

Sumber : Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, 30 Desember 2020

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Muhammad Ahsan Ridhoi

5/1/2021, 12.40 WIB

Aktivitas bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mulai menggeliat setelah terguncang akibat pandemi Covid-19. Kondisi tersebut tecermin pada Indeks Aktivitas Bisnis UMKM Bank Rakyat Indonesia (BMSI) yang mulai naik pada kuartal III-2020.

BMSI berada di titik terendah pada kuartal II-2020 yang hanya sebesar 65,5 poin. Beruntung, krisis mulai teratasi di kuartal selanjutnya yang meningkat hingga di posisi 84,2 poin. Angka tersebut terdongkrak indikator aktivitas investasi yang mendominasi di seluruh segmen (mikro, kecil, menengah). Segmen mikro juga menambah jumlah pekerja secara bertahap, segmen kecil meningkatkan persediaan barang jadi, serta segmen menengah menaikkan volume produksinya.

BRI memprediksi BMSI akan terus meningkat pada kuartal IV-2020 di titik 109,3 poin. Kondisi tersebut seiring bergeraknya roda perekonomian yang berbanding lurus dengan kenaikan aktivitas usaha.

(Baca: Bagaimana Kondisi Keuangan UMKM Indonesia pasca Covid-19?)

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.