Berapa Besar Belanja Aktivitas Digital Pemerintah?

Ekonomi & Makro
1
Yosepha Pusparisa 26/08/2020 08:16 WIB
Anggaran Belanja Pemerintah untuk Aktivitas Digital Berdasar Kata Kunci (2014-2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia Corruption Watch (ICW) mengelompokkan sejumlah aktivitas digital yang dilakukan pemerintah pusat. Kegiatan tersebut masuk dalam anggaran belanja pemerintah. Sejak 2014 hingga 2020, pemerintah menggelontorkan Rp 1,3 triliun untuk 133 paket pengadaan.

Berdasarkan kata kunci, ICW menemukan pemanfaatan media sosial merupakan paket pengadaan terbanyak. Jumlahnya mencapai 68 paket yang menghabiskan Rp 1,2 triliun. Selanjutnya, penggunaan jasa influencer atau Key Opinion Leader (KOL) tercatat dalam 40 paket pengadaan. Aktivitas tersebut memiliki nilai Rp 90,5 miliar.

(Baca: Pemerintah Alokasikan Miliaran Rupiah untuk Jasa Influencer)

Sejumlah nama mencuat dalam paket pengadaan bagi influencer yang dipilih. Seperti Gritte Agatha, Atta Halilintar, Citra Kirana, dan Zaskia Mecca untuk menggaungkan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Aktivitas digital tersebut berada di bawah komando Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Editor : Safrezi Fitra
Data Populer
Lihat Semua