Amerika Serikat Pemilik Misil dengan Jangkauan Terjauh

Tipe Misil Amerika Serikat & Jangkauannya

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Safrezi Fitra

9/1/2020, 13.49 WIB

Amerika Serikat dikenal sebagai negara dengan militer dan memiliki senjata terkuat di dunia. Senjata yang dimiliki cukup canggih, salah satunya misil Titan II yang mampu menjangkau sasaran sejauh 15 ribu kilometer. 

Daya ledaknya mencapai sembilan megaton atau tiga kali kekuatan seluruh bom yang digunakan dalam Perang Dunia II, termasuk bom atom. Namun, misil ini tercatat sudah tidak digunakan lagi. Misil dengan jangkauan terendah yang dimiliki AS aadalah Lance, yakni sejauh 130 kilometer. Kekuatannya lebih besar dibandingkan misil terendah Iran, Koksan M1978 yang hanya mampu menjangkau 60 kilometer.

(Baca: Jangkauan Misil Iran Mencapai 3 Ribu Kilometer)

Saat ini tensi hubungan Amerika Serikat (AS) dan Iran sedang memanas. Sebelumnya, AS menyerang Baghdad (Irak) menggunakan pesawat tanpa awak berjenis MQ-9 Reaper. Serangan itu mengakibatkan terbunuhnya Qassem Soleimani, kepala pasukan elite Quds Iran sehingga menyulut balasan terhadap AS. Banyak yang mengkhawatirkan konflik ini akan berujung pada Perang Dunia III.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.