Siapa Paling Lama Bekerja, Laki-Laki atau Perempuan?

Ketenagakerjaan
03/08/2018 16:50 WIB
Total Waktu Kerja (dengan Bayaran) dalam Satu Hari
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Durasi kerja dengan upah untuk laki-laki, lebih panjang dibandingkan pekerja perempuan. Secara rata-rata, laki-laki melakukan pekerjaan berbayar selama 4,93 jam per hari sedangkan perempuan 2,79 jam per hari. Lamanya waktu kerja ini berbeda-beda menurut wilayah. Amerika Latin, menjadi daerah dengan waktu kerja terlama dibandingkan wilayah lainnya.

Menurut data MenCare, terjadi kesenjangan waktu kerja karena ada bias gender dan kelas di tatanan sosial masyarakat. Kesenjangan waktu kerja menimbulkan perbedaan kesempatan antara laki-laki dan perempuan, serta lebih jauh lagi berdampak pada statistik angka penduduk yang bekerja (employment rate).

Kesenjangan waktu kerja paling tinggi terjadi pada Timur Tengah dan Afrika Utara, selisih waktu kerja antara keduanya mencapai 3,3 jam. Asia Selatan (selisih 2,9 jam) dan Amerika Latin (2,8 jam) berada pada tingkat kedua dan ketiga secara berurutan.

This article was produced in partnership with Investing in Women an initiative of the Australian Government that promotes women’s economic empowerment in South East Asia.

Data Populer
Lihat Semua