5 Provinsi dengan Biaya Pendidikan Tertinggi

Demografi
25/11/2016 17:28 WIB
Rata-Rata Pengeluaran Pendidikan per Kapita per Bulan Berdasarkan Provinsi 2015
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

DKI Jakarta merupakan provinsi dengan rata-rata pengeluaran untuk pendidikan tertinggi, yakni mencapai Rp75.077 per kapita setiap bulannya. Selanjutnya Yogyakarta di tempat kedua dengan pengeluaran pendidikan Rp 58.752 per kapita dan di posisi ketiga Kepulauan Riau sebesar Rp 43.383 per kapita. 

Tidak semua masyarakat mendapatkan subsidi pendidikan sehingga biaya pendidikan masih menjadi perhatian bagi sebagian keluarga. Untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas masyarakat dituntut untuk mengeluarkan biaya ekstra.

Provinsi DKI Jakarta yang notabene kota metropolitan membuat sebagian masyarakatnya ingin memperoleh kebutuhan hidup yang berkualitas, termasuk dalam pendidikan. Selain di sekolah negeri, banyak warga Jakarta menyekolahkan anaknya ke swasta yang dianggap berkualitas meskipun biayanya cukup mahal. Bahkan, untuk menunjang perkembangan pendidikan anaknya, para orang tua di Jakarta juga mengikutsertakan anaknya dalam bimbingan belajar, les privat  hingga menyediakan buku penunjang lainnya. 

Data Populer
Lihat Semua