Investasi Arab Saudi di Indonesia Tertinggal oleh Singapura

Ekonomi & Makro
01/03/2017 18:19 WIB
Negara Asal Investasi Asing Terbesar ke Indonesia dan Arab Saudi pada 2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Investasi Arab Saudi di Indonesia ternyata tertinggal jauh dibandingkan dengan investasi dari Singapura. Data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal menunjukkan bahwa investasi asing dari Arab Saudi sepanjang 2016 hanya mencapai US$ 0,9 juta atau sekitar Rp 11,9 miliar dari total investasi asing ke Indonesia senilai US$ 28,96 miliar. Adapun investasi asing yang berasal dari Negeri Singa mencapai US$ 9,18 miliar atau sekitar Rp 122 triliun.

Investasi asing (FDI) terbesar ke Indonesia berasal dari Singapura. Di urutan kedua investasi dari Jepang dengan nilai US$ 5,4 miliar, kemudian Tiongkok US$ 2,6 miliar di posisi ketiga. Sementara investasi asing dari Arab Saudi pada 2016 berada di urutan ke 57.

Kedatangan rombongan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud dalam rangka lawatannya ke beberapa negara Asia dapat dijadikan ajang bernegoisasi untuk meningkatkan investasi Arab Saudi ke Tanah Air. Salah satu agenda dalam lawatan ini adalah penandatanganan investasi Saudi Aramco dalam perluasan proyek kilang minyak Cilacap senilai US$ 6 miliar. Selain itu, ada beberapa kontrak lainnya senilai US$ 1 miliar.

Data Populer
Lihat Semua