Nielsen 'meramal' para pemasar di dunia berencana mengurangi pengeluaran iklan tahun ini. Namun tampaknya, banyak yang akan bertahan dan meningkatkan investasi di saluran digital, meski dengan laju yang lebih rendah.
Media sosial (medsos) tetap menjadi kanal digital teratas yang dipilih pemasar global dengan rencana pendanaan iklan lebih dari 50% dalam 12 bulan mendatang. Jenis ini dipilih 29% pemasar global.
Selanjutnya ada video online di smartphone atau mobile sebesar 22%; tampilan atau display online sebesar 21%; dan pencarian atau search sebesar 20%.
Nielsen menjelaskan, posisi media sosial, video online, display online, dan pencarian, sama seperti tahun lalu. Namun bedanya, kini lebih sedikit pemasar yang berencana menaikkan anggaran secara besar-besaran untuk saluran digital seperti itu pada 2025.
Sebaliknya, Nielsen melihat lebih banyak pemasar yang berencana menaikkan anggaran media tradisional mereka secara signifikan—lebih dari 50%—dibandingkan tahun lalu.
"Secara khusus, 16% pemasar berencana menaikkan anggaran untuk media luar ruang (out-of-home) lebih dari 50% tahun ini, meningkat 3 poin dari tahun 2024," tulis Nielsen, dikutip pada Minggu (20/7/2025).
Nielsen menambahkan, anggaran baru masih banyak dialokasikan untuk saluran digital, namun tidak secepat tahun sebelumnya.
Berikut kanal pemasaran dengan rencana pendanaan signifikan lebih dari 50% pada 2025:
- Media sosial: 29%
- Video online/mobile: 22%
- Display online/mobile: 21%
- Pencarian (search): 20%
- OTT TV/TV internet: 19%
- Email: 16%
- Podcast: 16%
- Direct mail: 16%
- Luar ruang (billboard dll.): 16%
- Streaming audio: 15%
- Konten berbayar: 14%
- TV linear: 14%
- Bioskop: 14%
- Cetak: 13%
- Radio AM/FM: 11%.
Survei 2025 Annual Marketing Report merupakan laporan pemasaran ketujuh yang diterbitkan Nielsen. Survei ini melibatkan 1.400 pemasar lintas industri yang berfokus pada strategi media, teknologi, dan pengukuran. Survei digelar secara online antara 25 Februari hingga 6 Maret 2025.
Dari sisi tingkat jabatan, responden merupakan pemasar merek global dengan posisi setara manajer atau lebih tinggi. Semua responden menangani anggaran pemasaran tahunan minimal US$1 juta dan dua dari tiga responden memiliki anggaran lebih dari US$10 juta.
Berikut distribusi responden berdasarkan wilayah, sebagai pertimbangan dalam membaca dan menafsirkan grafik dalam laporan:
- APAC (Asia Pasifik): 350 responden
- EMEA (Eropa, Timur Tengah, dan Afrika): 350 responden
- Amerika Utara: 350 responden
- Amerika Latin: 350 responden.
(BAca: Daftar Produk yang Dibeli Konsumen Global melalui Media Sosial pada 2024)