Menurut survei Capgemini Research Institute, ada berbagai produk yang dibeli konsumen global melalui media sosial pada 2024, mulai dari paket makanan hingga barang mewah.
Intensitas pembelian dalam survei ini dibagi menjadi dua kelompok. Pertama, sesekali dengan kisaran 3-7 kali pembelian dalam setahun. Kedua, sering dengan pembelian 8 kali atau lebih dalam setahun.
Jenis produk yang paling banyak dibeli sesekali lewat media sosial adalah paket makanan (meal kits) dan produk hiburan.
Sedangan yang yang paling banyak dibeli dengan sering lewat media sosial adalah bahan makanan/persediaan pangan, produk perawatan pribadi, pakaian dan aksesori, serta perlengkapan rumah tangga.
(Baca: Daftar Media Sosial yang Banyak Digunakan Ibu-Ibu Indonesia)
Berikut rincian daftar produk yang dibeli konsumen global melalui media sosial pada 2024:
1. Paket Makanan (Meal Kits)
- Pembelian sesekali (3-7 kali dalam setahun terakhir): 49%
- Pembelian sering (8 kali atau lebih dalam setahun terakhir): 11%
2. Produk Hiburan/Media/Edukasi di Rumah
- Pembelian sesekali (3-7 kali dalam setahun terakhir): 45%
- Pembelian sering (8 kali atau lebih dalam setahun terakhir): 16%
3. Pakaian dan Aksesori
- Pembelian sesekali (3-7 kali dalam setahun terakhir): 44%
- Pembelian sering (8 kali atau lebih dalam setahun terakhir): 24%
4. Produk Kesehatan dan Kebugaran
- Pembelian sesekali (3-7 kali dalam setahun terakhir): 44%
- Pembelian sering (8 kali atau lebih dalam setahun terakhir): 21%
5. Furnitur dan Perabotan
- Pembelian sesekali (3-7 kali dalam setahun terakhir): 44%
- Pembelian sering (8 kali atau lebih dalam setahun terakhir): 14%
6. Elektronik Konsumen/Peralatan Rumah Tangga Besar
- Pembelian sesekali (3-7 kali dalam setahun terakhir): 43%
- Pembelian sering (8 kali atau lebih dalam setahun terakhir): 17%
7. Perlengkapan Perbaikan Rumah
- Pembelian sesekali (3-7 kali dalam setahun terakhir): 43%
- Pembelian sering (8 kali atau lebih dalam setahun terakhir): 10%
8. Perlengkapan Rumah Tangga
- Pembelian sesekali (3-7 kali dalam setahun terakhir): 42%
- Pembelian sering (8 kali atau lebih dalam setahun terakhir): 24%
9. Kesehatan dan Kecantikan
- Pembelian sesekali (3-7 kali dalam setahun terakhir): 42%
- Pembelian sering (8 kali atau lebih dalam setahun terakhir): 18%
10. Bahan Makanan/Persediaan Pangan
- Pembelian sesekali (3-7 kali dalam setahun terakhir): 39%
- Pembelian sering (8 kali atau lebih dalam setahun terakhir): 26%
11. Produk Perawatan Pribadi
- Pembelian sesekali (3-7 kali dalam setahun terakhir): 39%
- Pembelian sering (8 kali atau lebih dalam setahun terakhir): 24%
12. Barang Mewah
- Pembelian sesekali (3-7 kali dalam setahun terakhir): 39%
- Pembelian sering (8 kali atau lebih dalam setahun terakhir): 23%
Capgemini Research Institute juga menemukan, 49% konsumen sesekali melakukan pembelian di acara live shopping yang disertai hiburan, dan 23% konsumen sering melakukan hal serupa.
Kemudian 40% konsumen sesekali menggunakan media sosial untuk mengakses layanan pelanggan, dan 27% konsumen sering melakukan hal tersebut.
Survei Capgemini Research Institute berlangsung pada Oktober-November 2024, melibatkan responden berusia 18 tahun ke atas dari 12 negara di Amerika Utara, Eropa, dan Asia-Pasifik.
Khusus untuk preferensi pembelian di media sosial, responden yang terlibat sebanyak 3.805 konsumen yang pernah berbelanja di media sosial.
(Baca: Tempat Konsumen Global Belanja Rutin Awal 2025, Supermarket Memimpin)