Menurut laporan Sea Limited, jumlah pesanan bruto (gross orders) konsumen Shopee di Asia Tenggara, Taiwan, dan Amerika Latin berkurang pada kuartal II 2024.
Gross orders adalah jumlah pesanan konsumen kepada penjual di aplikasi Shopee, baik yang transaksinya berhasil diselesaikan maupun dibatalkan.
(Baca: Jumlah Pengunjung Situs E-Commerce Indonesia September 2024)
Pada kuartal II 2024 Shopee menerima sekitar 2,5 miliar pesanan bruto, berkurang sekitar 100 juta pesanan atau turun 3,8% dibanding kuartal I 2024.
Penurunan ini diiringi dengan berkurangnya nilai penjualan bruto (gross merchandise value/GMV).
Pada kuartal II 2024 Shopee membukukan GMV US$23,3 miliar, turun 1,3% dibanding kuartal I 2024.
Meski melemah secara kuartalan, kinerja Shopee tercatat masih lebih kuat dari tahun lalu.
Jumlah pesanan bruto Shopee pada kuartal II 2024 lebih tinggi dibanding kuartal II 2023, begitu pula nilai GMV-nya seperti terlihat pada grafik.
(Baca: Jumlah Pengguna E-Commerce di Indonesia Meningkat 2020-2024)